Inul daratista, Seorang penyanyi yang muncul menjadi terkenal dan masuk dalam jajaran artis atau penyanyi dangdut ternama di indonesia, dia bukan penyanyi terkenal pada mulanya, dia hanya penyanyi panggung biasa sperti biduanita yang lain. Ia menjadi terkenal dengan goyangan kontrofersinya yang dianggap oleh sebaigan kalangan sebagai goyangan yang porno. Ulama, kiyai, tokoh masyarakat pada saat itu cukup masive dalam menentang goyangan inul daratista, Bahkan si Raja dangdut sendiri yaitu Roma Irama sampai turun tangan menanggapinya serta mengharamkan kalau lagu ciptaanya dinyanyikan oleh INul.
Beda orang berbeda pula dalam melihat sudut pandang, disisi lain inul ditentang dan dicemooh oleh banyak kalangan, akan tetapi dari sisi sudut pandang yang berbeda/ atau dari mindset orang yang berbeda inul justru banyak memberikan inspirasi yang bagus terutama dalam dunia marketing/ atu pemasaran. Beberapa judul buku dengan genre marketing ditulis dan diterbitkan dengan melihat fenomena inul ini.
Inul justru menjadi sangat terkenal pada waktu itu karena banyak ditentang, sehingga sangking hebohnya sampai-sampai hampir semua media masa pada waktu itu tidak ada yang luput memberitakan tentang INul.
Menarik !! apakah inul membayar media untuk meliputnya...?
Tentu tidak bukan, media berbondong-bondong berebut menyiarkan inul. Apakah anda masih ingat dengan film kiamat 2012 ? Nah,, kejadian yang sama juga terjadi pada film tersebut, Kontroversi yang berlebihan justru malah mengundang Publisitas yang heboh, akibatnya orang yang tadinya tidak tahu malah justru menjadi tahu dengan melihat berita di TV, lalu kemudian mereka justru malah penasaran untuk tahu lebih lanjut.
Apakah anda ingat juga dengan Vedeo mesum artis band ternama Ari*l ?
Siapa yang sebenarnya menyebar luaskan video mesum tersebut, ?
Kalau kata saya yang berperan banyak dalam penyebaran video tersebut adalah media pemberitaan.
ya, karena banyak diberitakan akhirnnya orang yang tadinya tidak tahu kasus tersebut, justru ia malah menjadi tahu, akibatnya mereka malah penasaran untuk melihat videonya...nah, orang yang sudah penasaran, ia pasti akan mencari jawabannya... akhirnya ditonton juga kan videonya... hehehe...
Fenomena Inul memberikan banyak inspirasi dan meninggalkan pesan yang yang jelas dalam dunia pemasaran/ marketing yaitu: Jika produk atau jasa anda, atau Brand ingin dikenal oleh banyak publik "maka buatlah sesuatu yang mengakibatkan pemberitaan dimana-mana" bahkan bila perlu buatlah sesuatu yang banyak ditentang oleh banyak kalangan, buatlah sesuatu yang kontroversi sehingga dunia sampai tertarik untuk membicarakannya,.