Bagian yang cukup penting sebelum
optimasi Blog atau
website salah satunya adalah meng
analisa kata kunci yang mau dibidik. Dalam dunia
SEO sendiri Analisa kata kunci atau
analisa keyword masuk pada langkah-langkah, atau bagian dari
SEO Onpage atau bisa diartikan optimasi dalam halaman blog atau website itu sendiri. Karena secara garis besar SEO dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
SEO Onpage dan
SEO offpage.
SEO onpage adalah langkah-langkah yang dilakukan pemilik blog atau website untuk mengoptimalkan blog miliknya dimata mesin pencari
google, dan langkah yang dilakukan masih mengutak-atik didalam blog itu sendiri, Misalnya dengan mengisi kontent yang relevan dengan kata kunci yang sedang dibidik, misalnya lagi membangun link internal yang bagus dan lain sebagainya.
Nah, Riset keyword atau analisa
kata kunci ini menjadi bagian penting sebelum
SEO onpage dilakukan. Karena sebelum kita membidik sebuah kata kunci (
keyword) pasti terlebih dahulu kita ingin mengetahui Beberapa poin misalnya: Berapa Jumlah pencari perbulan dari
kata kunci tersebut, Seberapa berat kompetisi di halman satu
google, kira-kira apakah kata kunci ini potensial menghasilkan penjualan ( Untuk
blog atau
website Jualan). Karena kalau kita tidak melakukan analisa kata kunci secara mendalam maka bisa jadi blog atau website kita muncul di
Page One googe akan tetapi pada "Keyword" atau
kata kunci yang tidak potensial, sehingga upaya optimasi pun menjadi sia-sia (Mubadzir) :)